Cara Perawatan Kacer Akan Trotol Sampai Mabung

Kacer trotolan
Cara Perawatan Kacer Akan Trotol Sampai Mabung -  Dengan anda memelihara burung kacer bakalan dari trotol memang memiliki banyak keuntungan, contoh burung bisa kita bentuk aneka variasi isiannyadan burung memiliki mental yang lebih bagus dan lebih jinak terhadap manusia dan lingkungan manusia.


Cara perawatan Kacer dari trotolan hingga burung mengalami mabung ini kami dapatkan referensi dari blog klub burung milik omkicau,tujuan artikel ini ditulis untuk menambah wawasan sobat kicau mania agar lebih fokus dan paham dalam merawat Kacer bahan masih trotol hingga mengalami masa mabung pertamanya.

Dimana sebelum berlanjut dengan perawatan Kacer trotolan supaya berjalan efektif, smestinya anda juga perlu membaca juga cara membedakan jantan dan betina Kacer anakan di artikel membedakan kacer trotolan yang jantan dan betina.

Inilah ulasan tips dan cara perawatan Kacer trotolan yang dapat Anda jadikan referensi dalam merawat Kacer dari trotol.

Perawatan kacer muda trotolan.

  • Memberi pakan-pakan berprotein tinggi pada burung muda juga perlu dilakukan sebagai pendukung perkembangan tubuh burung. Pakan dengan protein tinggi dapat diperoleh dari pakan seperti Jangkrik, Belalang dan juga Cacing tanah.
  • Memberikan pakan dengan kadar protein tinggi tersebut secara variatif dan selang-seling kesehariannya, untuk pakan berupa Jangkrik dapat diberikan pada Kacer trotol secara teratur dengan dukungan EF lain sebagai tambahan dan variasi. Berikut ini pemberian pakan harian pada Kacer trotolan.
  • Sementara untuk jangkrik diberikan 10 ekor setiap hari, berikan pada pagi dan sore harinya.
  • Memberi cacing tanah setelah pemberian pakan Jangkrik, cacing tanah bisa diberikan dengan cara dipotong-potong kemudian diletakkan ke dalam cepuk pakannya.
  • Sedangkan porsi pakan belalang hijau diberikan 2 s/d 3 ekor saja, karena hanya bersifat nutrisi tambahan.
  • Jika burung juga menyukai kroto, maka kroto bisa diberikan dengan durasi 1 atau 2x saja dalam seminggunya.
Tak hanya pakan serangga kaya protein di atas, pemberian pakan kering berupa Voer juga wajib diberikan dengan Voer berprotein tinggi karena pada fase pertumbuhan “anakan”, burung akan lebih membutuhkan pakan dengan kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan kacer muda atau kacer dewasa.

Sementara agar burung tumbuh dengan bulu-bulu yang sehat dan bagus, proses perawatan mandi jemur burung juga perlu rutin dilakukan setiap harinya. Hal tersebut agar burung lebih cepat dan lancar dalam mengalami proses mabung pertamanya.

Pemasteran kacer trotolan.

Sementara difase pertumbuhan, yaitu pada usia burung antara 1 s/d 4 bulan merupakan waktu yang paling baik dan tepat memaster burung Kacer trotol dengan suara-suara isian dari burung lain. Proses pemasteran tidak jauh berbeda dengan memaster burung-burung lainnya seperti Murai batu atau Cucak hijau.

Semoga bermanfaat bagi anda!