Inilah Penyebab Burung Mati Mendadak

Inilah Penyebab Burung Mati Mendadak
Foto : Google Images

Seputar Burung - Masalah burung kicauan tiba-tiba mati mendadak sepertinya adalah hal yang kerap dialami oleh Kicau Mania dimanapun. Ada beberapa hari lalu seorang Sobat terkaget-kaget saat mendapati burung Ciblek kesayangannya tiba-tiba telah mati tanpa pasalnya yang terang.

Walaupun sebelumnya burung tampak lincah serta nafsu makan normal-normal saja, tapi di sore harinya burung telah tergeletak di dasar sangkar dalam keadaan mati.

Usai mencoba browsing dibeberapa situs burung, rupanya kematian mendadak pada burung kicau dapat disebabkan beberapa faktor, terlebih pada jenis burung pemakan serangga yang paling banyak mengalami kematian mendadak tersebut.

Guna mengantisipasi serta mencegah terjadinya kematian mendadak pada burung kicauan, Anda dapat membaca artikel ini sampai selesai maka kematian tiba-tiba pada burung kesayangan anda dapat dicegah serta tak terjadi.

Perihal yang dapat menyebabkan burung mati mendadak.

  • Stroke akibat panas.
  • Udara sekitar yang kurang baik “polusi”.
  • Stress yang over.
  • Memakan serangga beracun.
  • Pemberian pakan yang tak sewajarnya.
  • Memakan buah mengandung racun atau pestisida.

Stroke akibat panas.
Dengan menjemur burung berlebihan hingga burung membuka paruhnya terlalu lama dapat mengakibatkan kematian burung. Akibat penjemuran terlalu lama burung menjadi dehidrasi serta menjadi heat stroke atau stroke karena panas berlebihan. Namun lebih baik bila menjemur burung hanya kurang lebih 2 s/d 3 jam saja saat pagi hari, maksimal cukup hingga pukul 10:00.

Polusi udara.
Masalah polusi dapat disebabkan banyak pasalnya serta faktor, sebagaimana gas buang mesin atau lingkungan udara yang kurang sehat. Saat menggantang burung kita perlu memperhatikan lingkungan area gantang sangkar burung maka dapat mencegah burung terkena racun gas/udara berbahaya.

Over Stress
Karna stress berlebihan pada burung biasanya terjadi pada burung-burung bakalan, terlebih bakalan tangkapan hutan. Karna stress pada burung bakalan tangkapan hutan yang menyebabkan kematian kerap kali dialami bakalan burung Murai Batu.

Guna lebih aman saat memelihara burung bakalan tangkapan hutan, lebih baik pelajari apalagi dahulu cara merawat burung bakalan.

Makan serangga beracun
Anda jangan lupa berikan serangga sebagai EF dengan tetap terukur serta jangan berlebihan, sebab beberapa jenis serangga yang diberikan pada burung kicauan juga mengandung racun maka pemberian secara berlebihan juga tak dianjurkan.

Cegah supaya burung tak memakan serangga terbang di sekitar sangkar yang berbahaya sebagaimana lebah.

Pakan buah atau sayur yang beracun
Memberi pakan berupa buah-buahan atau sayuran dapat jadi mengandung racun pestisida atau racun dari pupuk kimia saat di kebun, akan lebih baik bila sebelum buah serta sayuran diberikan pada burung dicuci atau direndam apalagi dahulu di dalam air bersih.

Pakan yang tak sewajarnya.
Sebelumnya kami pernah menulis tentang pemberian ramuan-ramuan yang tak semestinya diberikan pada burung, semisal minuman energi untuk manusia selanjutnya dicampur dengan minuman alkohol atau soda lalu diberikan pada burung supaya burung lebih gacor.

Perihal tersebut dapat memakan korban menjadikan burung mati karena pakan yang tak semestinya serta sewajarnya diberikan saja pada burung.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan burung mati mendadak tanpa sempat kita deteksi untuk diobati. Akan lebih baik kita mencegahnya dengan memperhatikan penyebabnya maka kita tak kehilangan burung kesayangan kita serta uang kita tak melayang sia-sia tentunya.

Semoga bermanfaat