Cara Bedakan Jenis Kelamin Kacer Trotol

Burung Kacer anakan

Cara Bedakan Jenis Kelamin Kacer Trotol - Kali ini Seputar Burung akan membahas bagaimana sara membedakan jenis kelamin burung kacer trotolan antara yang jantan dan betina. 

Buat anda pemain Kacer berpengalaman tentu tidaklah sulit, tetapi buat bagi penyuka Kacer pemula yang ingin coba-coba membeli Kacer trotolan untuk dijadikan gacoan tentu memerlukan pengetahuan yang cukup agar tidak sampai salah pilih.

Cara membedakan burung kacer jantan dan betina anakan ini kami perleh dari berbagai sumber . Inlilah ciri fisik beda jantan dan betina burung Kacer trotolan.

Ciri Kacer trotolan jantan.

  • Pada bagian kepala Kacer anakan jantan biasanya memiliki bentuk kepala rata dan tidak membulat.
  • Pada bulu-bulu Kacer trotolan jantan memiliki bulu yang lebih padat, warna lebih gelap dan tegas serta tebal.
  • Bila anda perhatikan pada bagian lidah Kacer trotol ketika paruhnya dibukan akan terdapat 1-2 titik hitam di bagian tengah atau pinggiran lidahnya, hal tersebut tidak kita jumpai pada Kacer betina trotolan.
  • Bila burung sudah berusia 1 minggu atau lebih, bagian paruh bawah kacer jantan akan berwarna hitam gelap.
  • Kacer trotol jantan pada bagian punggungnya berwarna hitam mengkilap dan kebiruan, namun hal tersebut bisa juga terjadi pada kacer trotol betina.
  • Sementara di bagian dada, jika kacer anakan dengan warna dada agak coklat dan keabuan juga tidak bisa dijadikan acuan jika burung tersebut akan berjenis kelamin jantan karena warna tersebut akan berubah ketika burung menginjak usia 4 s/d 5 bulanan.

Itulah cara mudah untuk membedakan burung Kacer anakan yang berjenis kelamin jantan dan betina.