Apakah Burung Sikatan Ninon Itu?

Apakah Burung Sikatan Ninon Itu? - Burung indah menawan ini di kalangan para penjual burung ada yang memberinya nama burung Tledekan laut karena bentuk dan ukuran tubuhnya hampir sama dengan burung Tledekan atau longa-longo. Sementara sikatan ninon masih dalam keluarga burung Muscicapidae, memiliki nama latin Eumyias indigo.

Sikatan ninon atau Sikatan pulau
Sementara dialam liar, Sikatan ninon merupakan jenis burung pemakan kumbang, larva kunang-kunang, serangga kecil dan buah-buahan kecil. Burung Sikatan ninon menyukai habitat hidup di hutan pegunungan dan tersebar pada daerah dengan ketinggian 900-3000 m di atas permukaan laut.

Inilah Ciri burung Sikatan ninon.

Burung Sikatan ninon memiliki ukuran tubuh yang tidak jauh berbeda dengan burung Tledekan dengan ukuran 14 cm. Memiliki warna bulu biru nila gelap, dahi keputihan hingga meluas pada alis matanya. Warna bagian dada bawah berwarna keabu-abuan dan akan berubah menjadi keputihan, bagian tungging memiliki warna kuning tua sedangkan untuk Sikatan nino di Pulau Jawa bagian tunggingnya berwarna putih.

Bagaimana ciri pada burung muda ?

Burung Sikatan ninon muda mempunyai warna dada dan tenggorokan berwarna bercak-bercak merah jambu, iris mata berwarna coklat merah, paruh hitam dan kaki juga hitam. Burung muda berperilaku cukup jinak dan mudah didekati.

Burung Sikatan ninon memiliki penyebaran di Indonesia meliputi Pulau Sumatera, Kalimantan dan Pulau Jawa dan Sikatan ninon membuat sarang berbentuk kantung berbahan lumut, dengan ketinggian yang rendah dan dekat dengan tanah. 

Telur burung Sikatan ninon berwarna agak keputihan dengan garis bintik kemerah jambuan. Biasanya Sikatan ninon hanya bertelur sebanyak 2 butir saja dan musim berbiak Sikatan ninon biasanya pada bulan Februari hingga Agustus dan Desember.