Cara Merawat Burung Ketika Masuk Musim Hujan

v

Seputar BurungCara Merawat Burung Ketika Masuk Musim Hujan - Jelas wajib kita syukuri karna awal bulan Desember ini kita telah mulai memasuki awal musim penghujan selepas kurang lebih merasakan musim kemarau yang cukup panjang selama 7 bulanan lamanya dan banyak bencana kabut asal dimana-mana yang mengakibatkan kerugian besar.

Jelang musim penghujan biasanya kita juga akan sedikit merubah perawatan burung kicauan milik kita khususnya perihal dengan perawatan penjemuran serta pakan. 

Pada musim penghujan yang identik dengan udara dingin serta berair, dimana stamina serta keadaan burung akan mengalami penurunan serta keadaan. Burung akan tampak banyak menghangatkan tubuh dengan cara mengembangkan bulu-bulunya serta juga menjadi berkurang bunyinya. 

Untuk itu, SEPUTAR BURUNG akan berbagi tips cara merawat burung pada musim penghujan, artikel ini kami rangkum dari berbagai sumber.


Berikut ini tips Cara Merawat Burung Ketika Masuk Musim Hujan

Jemur Burung Meski Sebentar
Manfaatkan saat ada panas kendati sebentar untuk menjemur burung, kendati hujan serta mendung namun panas matahari pasti akan muncul kendati sebentar. Manfaatkan waktu tersebut untuk menjemur burung kendati hanya 30 atau 60 menit saja, tapi hal tersebut akan bermanfaat menghangatkan burung selepas kedinginan karena hujan.

Berilah Jahe
Dengan memberi jahe pada burung, rupanya telah biasa serta kerap dilakukan oleh kicau mania. Caranya jahe biasanya dipotong kecil-kecil selanjutnya dicampur dalam voer atau dimasukkan ke dalam perut jangkrik yang akan diberikan pada burung.

Tambah Porsi Ulat Hongkong
Selanjutnya penambahan porsi ulat hongkong, pakan EF ulat hongkong yang dipercaya mempunyai efek hangat/panas pada burung dianggap mampu membantu burung menghangatkan tubuhnya akibat musim hujan. Dimana biasanya para pecinta burung akan menambah porsi UH yang diberikan pada burung agar keadaan tubuh burung tetap hangat kendati kurang penjemuran.

Hangatkan Kondisi Burung
Selalu mengkondisikan burung agar hangat, mengkondisikan burung agar tetap hangat di musim penghujan bisa dilakukan dengan bantuan lampu penghangat atau dapat juga dengan memberikan kerodong pada sangkar burung agar burung tak terpapar langsung oleh dinginya udara pada musim hujan.

Tambahkanlah vitamin burung
Dimusim penghujan adalah musim yang cukup rawan terhadap serangan berbagai penyakit flu dll. Dengan menambahkan vitamin pada burung juga dapat membantu burung dalam keadaan yang lebih terjaga kesehatannya serta dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Itulah Tips Cara Merawat Burung Ketika Masuk Musim Hujan semoga bermanfaat bagi anda!