Tips dan Cara Memilih dan Menyimpan Kroto

kroto
Kroto segar
Tips dan Cara Memilih dan Menyimpan Kroto - Bisa dikatakan kroto bersih dan segar adalah kroto yang paling baik dan layak untuk diberikan pada burung kicauan kesayangan di rumah. Dimana burung-burung kicau jenis pemakan serangga sangat baik dan bisa jadi tergantung dengan jenis pakan berupa kepompong kerangkang muda ini. Karna dengan mengkonsumsi kroto, maka burung akan lebih bertenaga dan dipercaya burung menjadi lebih berstamina dan rajin berkicau.

Tetapi, kroto saat ini menjadi barang yang termasuk cukup sulit didapat dan kalaupun ada sering kali hanya beberapa jam sudah diserbu pecinta burung. Karena cukup sulit didapat, jadi ketika kebetulan kroto sedang ada alangkah baiknya jika kita membeli banyak sekaligus untuk persediaan dalam beberapa hari.

Nyetok kroto banyak untuk persediaan beberapa hari tentu kita harus memilih kroto yang segar dan cara menyimpannya juga harus benar sehingga kroto bisa awet dan tidak busuk dan kita tidak merasa dirugikan.


Cara Memilih dan Menyimpan Agar Kroto Tetap Awet

  1. Pilih kroto yang tidak terlalu basah.
  2. Jangan membeli kroto terlalu banyak, dalam artian banyak sekali.
  3. Setelah membeli kroto, akan lebih baik jika diletakkan di tempat terbuka.
  4. Lebih baik membeli kroto yang tidak terlalu banyak semutnya.
  5. Beri alas kroto segar di wadah besek bambu atau tampah dengan alas daun pisang kering.
  6. Jangan meletakkan kroto segar di bawah sinar matahari langsung, namun letakkan di tempat teduh.
Dan selain tips diatas, kita juga bisa menyimpan kroto menggunakan besek berongga udara namun tertutup yang kemudian kita bisa memasukkannya ke dalam lemari es atau kulkas. 

Karna menyimpan kroto di dalam kulkas menjadikan kroto bisa kita gunakan hingga 1 minggu lebih, sehingga kita lebih tenang dan tidak takut kehabisan kroto.

Tetapi, jika anda menyimpan kroto di dalam kulkas kemudian akan memberikannya pada burung harus dipastikan kroto sudah dalam suhu normal dan jangan diberikan pada burung ketika masih dingin.


Semoga bermanfaat.